Kali ini saya akan membagikan salah satu dari sekian banyak tugas-tugas yang diberikan dosen saya di kampus, yaitu Tutorial Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word, tugas ini nantinya ada di semester dua mata kuliah dasar-dasar komputer (tergantung dosennya sih) :D .
Apa itu daftar pustaka ? Menurut si "ensiklopedia bebas" Daftar Pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis. Daftar Pustaka ada pada semua jenis karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, artikel dan sebagainya. Sedangkan menurut postingan-all, Daftar Pustaka yaitu suatu daftar yang berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah seperti Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Laporan, Thesis,dan penelitian. Pemilihan daftar pustaka ini harus benar-benar sesuai dengan pokok permasalahan yang dibahas dalam makalah. Mahasiswa, Dosen, Siswa tidak boleh mencantumkan nama/judul buku, artikel/jurnal serta dokumen lainnya baik cetak maupun internet yang tidak terdapat dalam daftar pustaka ini.
Nah kalau menurut saya, Daftar pustaka kayak itu yang dijelaskan di atas itu sudah :D :D :D . Intinya itu merupakan sumber dari penulisan. Jadi daftar pustaka ini sangat penting karena sangat tidak baik mengklaim tulisan karya orang lain sebagai tulisan karya kita.
Maaf sudah panjang lebar, berikut tutorial membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word :
Apa itu daftar pustaka ? Menurut si "ensiklopedia bebas" Daftar Pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis. Daftar Pustaka ada pada semua jenis karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, artikel dan sebagainya. Sedangkan menurut postingan-all, Daftar Pustaka yaitu suatu daftar yang berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah seperti Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Laporan, Thesis,dan penelitian. Pemilihan daftar pustaka ini harus benar-benar sesuai dengan pokok permasalahan yang dibahas dalam makalah. Mahasiswa, Dosen, Siswa tidak boleh mencantumkan nama/judul buku, artikel/jurnal serta dokumen lainnya baik cetak maupun internet yang tidak terdapat dalam daftar pustaka ini.
Nah kalau menurut saya, Daftar pustaka kayak itu yang dijelaskan di atas itu sudah :D :D :D . Intinya itu merupakan sumber dari penulisan. Jadi daftar pustaka ini sangat penting karena sangat tidak baik mengklaim tulisan karya orang lain sebagai tulisan karya kita.
Maaf sudah panjang lebar, berikut tutorial membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word :
1. Membuka aplikasi Microsoft Word. Pada saat membuat tutorial ini saya menggunakan Ms Word 2013.
2. Setelah aplikasi Ms Word-nya terbuka, pilih tab REFERENCES sepertti yang sudah saya beri tanda pada gambar di bawah.
3.Klik tanda panah kecil yang ada pada [Style]. Akan muncul menu dropdown kemudian pilih Harvard seperti yang ditunjukkan tanda berwarna merah pada gambar di bawah. Pada Ms Word versi sebelum 2013 belum ada style Harvard maka teman-teman pilih saja style APA. Teman-teman bisa pilih style apa saja yang teman-teman sukai, tapi biasanya orang-orang memakai style Harvard. Maksud dari style disini adalah gaya penulisan daftar pustaka yang nantinya teman-teman ingin buat.
4.Setelah mengatur gaya penulisan daftar pustaka yang teman-teman ingin buat, selanjutya kita memasukkan sumber atau referensi dengan cara meng-klik Insert Citation maka akan muncul menu dropdown kemudian pilih Add New Source.
5.Akan terbuka jendela Create Source. Kita tentukan tipe sumber/referensi yang akan kita masukkan, misalnya Web Site. Tipe web site berarti kita mengambilnya dari internet berupa artikel online.
6. Setelah memilih tipe sumber/referensi, selanjutnya kita mengisi author/pengarang dari artikel tersebut dengan cara meng-klik edit seperti yang ditandai kotak berwarna merah pada gambar di bawah.
7. Akan muncul jendela baru Edit Name. Isikan kolom [Last] dengan nama belakang author dan isikan nama depan author pada kolom [First] kemudian nama tengah [Middle] jika ada. Setelah namanya di isikan, pilih Add. Nama-nama author yang telah kita Add/tambahkan akan tampil pada kolom [Names] seperti yang telah saya tandai dengan kotak berwarna merah pada gambar di bawah. Setelah selesai klik OK. Jika misalnya author lebih dari satu, teman-teman bisa terus menambahkan nama dengan mengisi kembali kolom Last dan First kemudian Add.
8.Selanjutnya, Isikan rincian yang lainnya.
9.Akan muncul nama author seperti gambar dibawah. Silahkan teman-teman hapus saja tulisan tersebut.
10. Teman-teman bisa cek apakah sumber yang tadi dibuat telah ter-indeks atau belum bisa dilihat pada Insert Citation. Tanda panah nomor 2 adalah sumber yang baru saja kiita tambahkan sedangkan tanda panah nomor 1 dan tanda panah nomor 3 adalah sumber yang sebelumnya telah saya masukkan. Susunan sumber akan otomatis tersusun sesuai abjad.
11.Jika semua persiapan telah selesai, kita pilih Bibliography kemudian akan muncul menu dropdown silahkan teman-teman pilih yang mana saja, karena yang membedakan dari ketiga pilihan itu hanya namanya. Contohnya bisa teman-teman lihat pada gambar di bawah.
12.Seharusnya daftar pustaka teman-teman sudah jadi. Tinggal mengganti judulnya menjadi DAFTAR PUSTAKA seperto yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
2. Setelah aplikasi Ms Word-nya terbuka, pilih tab REFERENCES sepertti yang sudah saya beri tanda pada gambar di bawah.
3.Klik tanda panah kecil yang ada pada [Style]. Akan muncul menu dropdown kemudian pilih Harvard seperti yang ditunjukkan tanda berwarna merah pada gambar di bawah. Pada Ms Word versi sebelum 2013 belum ada style Harvard maka teman-teman pilih saja style APA. Teman-teman bisa pilih style apa saja yang teman-teman sukai, tapi biasanya orang-orang memakai style Harvard. Maksud dari style disini adalah gaya penulisan daftar pustaka yang nantinya teman-teman ingin buat.
4.Setelah mengatur gaya penulisan daftar pustaka yang teman-teman ingin buat, selanjutya kita memasukkan sumber atau referensi dengan cara meng-klik Insert Citation maka akan muncul menu dropdown kemudian pilih Add New Source.
5.Akan terbuka jendela Create Source. Kita tentukan tipe sumber/referensi yang akan kita masukkan, misalnya Web Site. Tipe web site berarti kita mengambilnya dari internet berupa artikel online.
6. Setelah memilih tipe sumber/referensi, selanjutnya kita mengisi author/pengarang dari artikel tersebut dengan cara meng-klik edit seperti yang ditandai kotak berwarna merah pada gambar di bawah.
7. Akan muncul jendela baru Edit Name. Isikan kolom [Last] dengan nama belakang author dan isikan nama depan author pada kolom [First] kemudian nama tengah [Middle] jika ada. Setelah namanya di isikan, pilih Add. Nama-nama author yang telah kita Add/tambahkan akan tampil pada kolom [Names] seperti yang telah saya tandai dengan kotak berwarna merah pada gambar di bawah. Setelah selesai klik OK. Jika misalnya author lebih dari satu, teman-teman bisa terus menambahkan nama dengan mengisi kembali kolom Last dan First kemudian Add.
8.Selanjutnya, Isikan rincian yang lainnya.
- Name of Web Page : Judul artikel
- Year : Tahun artikel dibuat
- Year Accesed : Tahun teman-teman mengakses artikel tersebut
- Day Accesed :Tanggal teman-teman mengakses artikel tersebut
- URL : Alamat/situs dari artikel yang teman-teman kutip atau ambil
9.Akan muncul nama author seperti gambar dibawah. Silahkan teman-teman hapus saja tulisan tersebut.
10. Teman-teman bisa cek apakah sumber yang tadi dibuat telah ter-indeks atau belum bisa dilihat pada Insert Citation. Tanda panah nomor 2 adalah sumber yang baru saja kiita tambahkan sedangkan tanda panah nomor 1 dan tanda panah nomor 3 adalah sumber yang sebelumnya telah saya masukkan. Susunan sumber akan otomatis tersusun sesuai abjad.
11.Jika semua persiapan telah selesai, kita pilih Bibliography kemudian akan muncul menu dropdown silahkan teman-teman pilih yang mana saja, karena yang membedakan dari ketiga pilihan itu hanya namanya. Contohnya bisa teman-teman lihat pada gambar di bawah.
12.Seharusnya daftar pustaka teman-teman sudah jadi. Tinggal mengganti judulnya menjadi DAFTAR PUSTAKA seperto yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Cara ini digunakan jika ada banyak sumber. Jika sumber hanya satu atau tiga teman-teman bisa ketik manual saja. Walaupun akan lebih baik lagi jika kita mmembuatnya sesuai fungsi yang disediakan Ms Word. Kelihatannya prosesnya sangat panjang, padahal sesungguhnya itu sangat mudah. Lagian semua sumber tersimpan di Ms Word sehingga kapan-kapan kita ingin menggunakannya lagi kita tinggal mulai dari langkah 11 di atas.
Jika teman-teman belum paham silahkan tonton video tutorialnya disini
Jangan lupa subscribe channel youtube saya :)
Jangan lupa subscribe channel youtube saya :)
Jika ada yang ingin tanyakan silahkan berkomentar di bawah dengan menggunakan bahasa yang sopan :)
Demikian tutorial ini, Semoga berhasil :)
Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Pustaka (Daftar Pustaka)
http://postingan-all.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-cara-membuat-dan-contoh.html (Pengertian, Cara
Membuat , dan Contoh Daftar Pustaka)
Bagikan
Tutorial Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word
4/
5
Oleh
Fathul Khair
1 Tanggapan:
Tulis TanggapanBest Casinos Near Harrah's Casino and Racetrack
ReplyBest Casino 김해 출장안마 Near Harrah's Casino 김포 출장마사지 and Racetrack in 창원 출장샵 Biloxi, MS. 이천 출장안마 Find reviews, hours, directions, coupons and more for Casinos 구리 출장마사지 Near Harrah's Casino