Thursday, January 26, 2017

Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Assalamualaikum...
Kali ini saya akan membagikan Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word. Sebelum belajar membuat daftar isi otomatis di Ms Word, ada baiknya kita mengetahui apa itu daftar isi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daftar isi adalah lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman. Kalau menurut saya, daftar isi merupakan urutan judul dan sub-judul berdasarkan halaman dari halaman awal hingga halaman akhir untuk memudahkan kita mencari suatu judul penulisan dalam suatu buku.

Daftar isi ini sangat penting khusunya untuk mahasiswa/mahasiswi yang masih sering dapat tugas dari dosen untuk mebuat makalah.

Sekarang kita masuk pada judul diatas. Tutorial membuat daftar isi otomatis di microsoft word, berikut tutorialnya :

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka dokumen yang ingin di buat daftar isi-nya. Perlu dingat sebaiknya dokumen yang kita ingin buat daftar isi sudah memiliki nomor halaman. Jika teman-teman tidak tau cara membuat nomor halaman silahkan simak video berikut ini. Jika teman-teman telah membuat nomor halaman pada dokumen teman-teman, ikuti langkah berikut :

1. Menyiapkan lembar kosong untuk daftar isi. Pada contoh di bawah saya menempatkan di lembar ketiga. Berikut rincian dokumen :
  • Sampul tidak memiliki halaman
  • Kata pengantar dan daftar isi ada di lembar kedua dan ketiga dengan halaman angka romawi (i dan ii)
  • BAB I  s/d  Daftar Pustaka berada di lembar ke-4  s/d  lembar ke-12 dengan halaman 1-9


2. Meng-indeks setiap judul dokumen kita dengan cara mem-block / menyeleksi judul kemudian klik Judul / Heading 1 pada box [Styles] seperti yang ditunjukkan tanda panah merah pada gambar di bawah.

3. Meng-indeks setiap sub-judul dokumen kita dengan cara mem-block / menyeleksi sub-judul kemudian klik Sub Judul / Heading 2 pada box [Styles] seperti yang ditunjukkan tanda panah merah pada gambar di bawah.

4.Jika pada Ms Word teman-teman belum ada Judul / Sub Judul di box [Styles]. Coba teman-teman klik kanan pada Heading 1 kemudian pilih Modify.

5. Akan muncul jendela Modify Style. Atur nama sesuai yang teman-teman inginkan seperti yang di tunjukkan kotak merah nomor 1. Atur format tulisan sesuai keinginan teman-teman pada kotak merah nomor 2. Hasil format tulisan yang teman-teman buat dapat dilihat pada pratinjau/preview pada kotak warna merah nomor 3. Semua penjelasan diatas dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

6. Lakukan hal yang sama pada langkah 4-6 untuk Heading 2 sebagai Sub Judul.

7.Pilih tab References kemudian pilih Table of Contents lalu pilih Automatic Table 1 seperti yang ditunjukkan tanda panah merah pada gambar di bawah.

8. Daftar isi teman-teman akan otomatis jadi sesuai dengan Judul dan Sub Judul yang teman-teman indeks sebelumnya pada langkah 2 dan langkah 3 di atas. Tampilan daftar isi akan tampak seperti gambar di bawah.

9. Teman-teman tinggal mengganti tulisan Contents dengan tulisan Daftar Isi dan Inilah hasil akhirnya.
 Ikuti langkah-lanngkah di atas dengan baik semoga teman-teman berhasil :)

Jika teman-teman belum paham mungkin video tutorial yang saya buat dapat membantu, silahkan klik di sini :) Jangan lupa subscribe channel youtube saya :)

                    http://suchideppyanita.blogspot.co.id/2013/01/penulisan-ilmiah.html (Penulisan Ilmiah

Demikian tutorial ini, semoga bermanfaat :)
Kalau ada yang ingin teman-teman tanyakan silahkan berkomentar di bawah dengan bahasa yag sopan :)
                   

Bagikan

Baca Juga

Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word
4/ 5
Oleh