Wednesday, January 18, 2017

Tutorial KRS Online di siakad UNTAD

     Assalamualaiku, Kali ini saya mau bagikan cara ber-KRS online di siakad.untad . Kalau ada yanng belum tau, KRS (kartu rencana studi) adalah yah itu kayak namanya :D kartu yang memproses mata kuliah yang ingin di program mahasiswa pada semester tertentu. Kalau waktu sekolah kita wajib mengikuti pelajaran sesuai kurikulum tanpa terkecuali maka berbeda saat kita masuk di dunia perkuliahan, kita diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah yang kita inginkan pada semeseter tertentu. Tentu saja ada yang namanya mata kuliah wajib yang wajib kita ambil tapi tidak harus pada semester yang ditentukan, kita bisa mengambilnya kapan saja kita mau pada awal semester itupun kalau SKS/kredit kita cukup.

    Apalagi itu SKS ??? SKS (satuan kredit semester) adalah kredit yang digunakan untuk mengambil suatu mata kuliah. Kalau menurut saya fungsinya mirip-mirip uang. Maksimal SKS tiap semester adalah 24 jadi kalau mata kuliah memiliki 2 SKS dan kita mengambilnya, maka SKS kita yang tersisa adalah 22 SKS.
    Nah di UNTAD sendiri pada semester 1 kita diberikan 24 SKS kemudian untuk semester selanjutnya IP kitalah yang menentukan berapa SKS yang kita peroleh. Berikut jumlah SKS (khususnya UNTAD) yang diprogramkan agar mengacu pada IP semester sebelumnya :

a. 3,00 - 4,00 = 24 SKS
b. 2,50 - 2,99 = 20 SKS
c. 2,00 - 2,49 = 17 SKS
d. 1,50 - 1,99 = 14 SKS
e. < 1,50         = 11 SKS

   Kalau ada lagi yang tanya IPK itu apa, yaah IPK (indeks prestasi kumulatif)  itu rata-rata nilai yang kita peroleh dari semua mata kuliah yang kita programkan, sedangkan IP adalah nilai rata-rata yang kita peroleh dari semua mata kuliah selama satu semseter.

Langkah-langkah untuk ber-KRS online
1. Masuk ke situs http://siakad.untad.ac.id/ lalu pilih login.

2. Isi kolom username dengan nomor stambuk dan kolom password (password default siakad untuk FKIP adalah stambuk$ contoh A24115000$ )
3. Arahkan kursor ke menu Mahasiswa akan muncul menu dropdown kemudian pilih 01 K R S


4.Isi kolom Semester Akademik dengan format tahun+semester misal tahun 2015 semester 1 maka kita tulis 20151. Kemudian klik Refresh

5. Pilih Tambah KRS

6. Pilih mata kuliah yang sesuai dengan kelas yang kalian programkan.

*Sebaiknya ber-KRS manual terlebih dahulu dan berkonsultasi dengan dosen wali sebelum ber-KRS online

 Referensi :  
- Pengertian SKS dalam Lingkup Perkuliahan
- Apa itu KRS dan SKS?

Bagikan

Baca Juga

Tutorial KRS Online di siakad UNTAD
4/ 5
Oleh